Info Terbaru 2022

Kata Kerja Operasional Untuk Merumuskan Indikator Pembelajaran Di Rpp

Kata Kerja Operasional Untuk Merumuskan Indikator Pembelajaran Di Rpp
Kata Kerja Operasional Untuk Merumuskan Indikator Pembelajaran Di Rpp
Indikator dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan penanda pencapaian Kompetensi Dasar (KD). Indikator tersebut ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.

Indikator dalam RPP dikembangkan sesuai dengan karakteristik akseptor didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi tempat dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau sanggup diobservasi. Indikator dipakai sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir gampang ke sukar, sederhana ke kompleks, bersahabat ke jauh, dan dari positif ke aneh (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator pembelajaran.

Dalam menyusun RPP dan merumuskan indikator pembelajaran, seorang guru memerlukan kata kerja operasional sebagai langkah positif untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berikut ini ialah daftar kata kerja operasional yang sanggup dipakai dalam merumuskan indikator pembelajaran, baik menyangkut aspek Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor.


ASPEK KOGNITIF

No

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

1
Knowledge (Pengetahuan) Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, memberi nama, memberi label, dan melukiskan.

2
Comprehension (Pemahaman) Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan menjelaskan.

3
Application (Penerapan) Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.

4
Analysis (Analisis) Menguraikan, membagi-bagi, memilih, dan membedakan.

5
Synthesis (Sintesis) Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.

6
Evaluation (Evaluasi) Mengkritisi, menafsirkan, mengadili, dan menawarkan evaluasi.

ASPEK AFEKTIF

No

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

1
Receiving (Penerimaan) Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.

2
Responding (Menanggapi) Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.

3
Valuing (Penanaman nilai) Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan melakukan.

4
Organization (Pengorganisasian) Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi.

5
Characterization (Karakterisasi) Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini

ASPEK PSIKOMOTOR

No

KOMPETENSI

INDIKATOR KOMPETENSI

1
Observing (Pengamatan) Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi

2
Imitation (Peniruan) Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan memakai sebuah model.

3
Practicing (Pembiasaan) Membiasakan sikap yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan semoga tetap konsisten.

4
Adapting (Penyesuaian) Menyesuaikan model, menyebarkan model, dan menerapkan model.

Itulah pedoman dalam memakai kata kerja operasional yang dipakai untuk merumuskan indikator pembelajaran dalam menyusun RPP untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mengukur keterlaksanaannya, mencangkup kompetensi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Sumber:
Advertisement

Iklan Sidebar