Info Terbaru 2022

Cara Mengikuti Pembelajaran Gp Moda Daring

Cara Mengikuti Pembelajaran Gp Moda Daring
Cara Mengikuti Pembelajaran Gp Moda Daring
Berikut langkah-langkah cara mengikuti pembelajaran guru pembelajar (GP) moda daring.
Kemendikbud melaksanakan diklat bagi guru-guru. Diklat tersebut memakai 3 mode yakni, tatap muka, kombinasi, dan mode daring atau online. Ketentuan tersebut menurut rapor atau hasul Uji Kompetensi Guru (UKG). Pada diklat GP daring kombinasi ada kelas/pusat belajar, sedangkan pada diklat Moda Daring Penuh tidak ada "pusat belajar" alasannya yaitu dilakukan secara berdikari (full online).

Baca juga: Undangan Diklat Guru Pembelajar Moda Daring

Diklat pasca UKG ini guru mendaftar dan login di aplikasi Guru Pembelajar (GP) di sim.gurupembelajar.go.id. Mengikuti acara Guru Pembelajar moda daring ini memang agak rumit, apalagi bagi guru yang jarang memakai internet. Berikut langkah-langkah cara mengikuti guru pembelajar moda daring yang kutip dari http://jetjetsemut.blogspot.co.id:

1. Buka kelas saya, kemudian klik "BUKA SEMUA SESI"


Selanjutnya akan terbuka beberapa bab di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bab sesi yang sanggup dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanan nya.

2. Klik bab sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal. Pahami materi yang ada di bab sesi tersebut. Jika sudah membuka dan mempelajari semua bab sesi, maka otomatis kotak yang kecil tersebut TERCENTANG. Itu artinya guru sudah mengikuti pembelajaran. Selanjutnya ke bab sesi berikutnya.

3. Sesi 1-4 yaitu materi pembelajaran, dalam materi pembelajaran biasanya ada:

Contoh sesi dalam kelas GP daring Taman Kanak-kanak modul Kompetensi A

a. Pengantar sesi (merupakan petunjuk mengikuti sesi tersebut)

b. Kegiatan pembelajaran (berupa materi yang harus dipahami)

c. Forum (dalam lembaga biasanya ada pertanyaan/kasus terkait materi yang harus guru pecahkan atau tanggapi. Berikan jawaban, terhadap pertanyaan atau masalah tersebut. Kemudian berikan tanggapan/komentar terhadap tanggapan rekan sebanyak 2 orang)

d. Lembar Kerja_ LK biasanya terdapat di materi referensi (LK tersebut wajib guru kerjakan, dengan cara: Unduh terlebih dahulu kemudian kerjakan LK tersebut (biasanya sehabis di unduh sanggup dibuka di file download di komputer). Setelah dikerjakan (bisa secara offline) ganti nama file nya dengan format : LK (spasi) no LK (spasi) nama akseptor Contoh: LK 1.2 Yeni Rosnasari. Untuk mempermudah pengelolaan file Bapak ibu diperlukan menyimpan semua file LK dalam satu file di komputer supaya tidak terpisah.

LK = Lembar Kerja

Kemudian Mengupload LK caranya: buka e-portopolio (e-portofolio merupakan kumpulan kiprah Bapak Ibu yg sanggup ditemukan di hidangan atas di bawah blog refleksi) kemudian klik tombol "Add Contribution" (ada di bawah sebelah kiri)- pilih file LK yg akan d upload- isi titel dengan materi LK- isi konten dengan klarifikasi singkat LK- klik Update Contribution untuk mengirimnya.
LK yang guru sudah dikerjakan dan di Upload akan diberi umpan balik oleh Pengampu, maka dari itu selalu cek e-portopolio guru.

f. Chat sesi_ merupakan sarana berkomunikasi dengan mitra dan pengampu untuk mendiskusikan masalah, membuatkan pengalaman terkait materi sesi tersebut.

g. Bahan rujukan_ yaitu materi bacaan pelajaran (biasanya berbentuk file pdf, video, word dll) yang sanggup diunduh untuk lebih memahami materi. Disini juga terdapat file LK yg harus di kerjakan

h. Blog Refleksi_ yaitu sarana untuk menceritakan pengalaman, kesan, keluhan atau pesan yang Bapak Ibu alami selama melaksanakan acara pembelajaran di sesi tersebut.

i. Umpan Balik Sesi_ yaitu untuk mengukur reaksi proses pembelajaran berupa "kepuasan peserta" melalui pengisian instrumen smiley face. Evaluasi ini diberikan sehabis menuntaskan 2 sesi pembelajaran, yang jadinya dipakai untuk perbaikan pembelajaran pada sesi berikutnya.

j. Penilaian diri_ Bapak Ibu harus menilai sendiri hasil pekerjaan yang telah diselesaikan sesuai dengan rubrik yang disediakan

k. Tes Sumatif_ tes di selesai tiap sesi untuk mengukur pemahaman guru terhadap Materi (tes sumatif memiliki durasi waktu, dan hanya sanggup dilakukan satu kali/tidak sanggup diulang)

l. Permainan Apersepsi_ yaitu permainan yg sanggup dikerjakan guru terkait materi

j. Videocall_ ini wajib guru ikuti.
Advertisement

Iklan Sidebar